'

Wisata Seluler “Jelajah Cepat XL Network Building”

Kata wisata sering terdengar disandingkan dengan kata kuliner. Tapi kali ini penulis menyandingkannya dengan kata seluler. Kenapa seluler? Karena kali ini penulis melakukan perjalanan bukan untuk berburu makanan-makanan lezat, melainkan mengunjungi jantung operator XL. Kesempatan langka itu diberikan kepada Blogger Medan dan Media Online pada Sabtu, 15 Agustus 2015.

Pagi itu para undangan, baik dari Blogger Medan maupun dari Media Online berkumpul di Graha XL Jalan Diponegoro untuk bersama-sama berangkat menuju KIM Star Tanjung Morawa. Di sana terdapat beberapa aturan yang mesti dipatuhi pengunjung, salah satunya adalah tidak diperbolehkan membawa gadget ke dalam gedung. Karena dianggap tempat yang sakral, tempat yang tidak diperuntukkan untuk umum. Jadi diperlukan suasana yang kondusif. Itulah mengapa di awal penulis katakan bahwa ini kesempatan langka, karena semua orang belum tentu bisa mendapatkan kesempatan ini. Coba bayangkan, betapa beruntungnya penulis, bukan? Hehehe.

Ibarat jantung yang dimiliki oleh manusia, jantung Operator XL atau yang biasa dikenal Mobile Switching Center (MSC) merupakan pusatnya jaringan XL. Apa bila MSC mati, maka padam jugalah seluruh jaringan XL. Untuk saat ini, wilayah Sumatera memiliki 3 MSC, yang masing-masing terdapat di Medan, Pekanbaru, dan Palembang. Untuk Pekanbaru sendiri, XL memiliki Mobile Building Storage Cloud.


Saat wisata seluler ke MSC XL ruangan pertama yang dikunjungi adalah Switching room  atau bisa disebut dengan Radio Room, ruangan ini cukup membuat merinding, bukan karena ada hantunya tapi karna terlalu dingin. Coba bayangin ada 3 AC didalam ruangan ini yang masing-masing 90 Pk dan suhu dalam ruangan ini dijaga agar tetap c ditambah lagi flow AC terdapat di lantai yang berlubang-lubang sebagai pendingin aquipment. lantai di ruangan ini juga bisa dibuka loh , nah di bawahnya berfungsi sebagai jalur kabel, jadi ada banyak kabel yang tersusun rapi di bawah lantai.

Ruangan kedua yang dikunjungi adalah Ruang Baterai (Backup Baterai), kalau ruang switching membuat merinding, ruang batre cukup membuat gerah. Ada 24 pieces yang beratnya masing-masing 100 kg dengan kapasitas 1200 AH-1500 AH, dan kemungkinan besar semua akan diganti dengan baterai yang berkapasitas 1500 AH seluruhnya, sudah pasti gak mau lama-lama deh di ruangan ini, lanjut lagi ke ruang genset.

Dan ternyata ruang genset lebih panas daripada ruang baterai, di sini ada 3 genset yang siap bekerja ketika listrik PLN padam, nah terus fungsi dari baterai itu sendiri untuk pengalihan selama 10-15 detik sampai genset siap bekerja. Diruang genset ini juga terdapat penyimpanan solar yang berisi 1000 liter, karena untuk 2 unit genset meminum 70 liter solar jika bebannya sekitar 30 %- 50%. Bahkan MSC ini sendiri memiliki storage tank 2 x 5000 liter. Setelah berkutat di ruangan genset selanjutnya rombongan lanjut ke tower.
Di perjalanan menuju tower kami diperlihatkan storage tank penyimpanan solar yang disebutkan di atas *padahal gak jauh kali gaya bicara serasa jauh hehehe. Dan akhirnya sampai juga di tower, cuma ini bukan yang biasa digunakan untuk memanaskan masakan ya... antenna microwave ini adalah antena penghubung antara BTS ke BTS yang lain, dan satu BTS memiliki jangkauan 5 km. Tidak hanya diperkenankan melihat tower tapi juga diperkenankan naik ke atas tower, sebagai perwakilan bang Yoga yang mencoba naik ke atas tower, mungkin keliatan nya mudah cuma kata nya rada susah dan menguras tenaga. Tidak terasa sudah jam makan siang semua kembali ke meeting room untuk makan siang *Alhamdulillah makan gratis hehehe.
seperti tower pada umumnya, tower tersebut memiliki 2 antena, pertama antenna sektoral yaitu antenna yang menangkap sinyal atau disebut Radio Best Station (RBS). Kedua antena microwave ,

Setelah semua selesai makan siang masih ada informasi yang diberikan oleh Bapak Ida I Gede Widyasmara selaku GM Network optimization Northern West dari Huawei Service XL dan Bapak Firman AJ selaku Manager MMS West Region XL. Ada beberapa poin yang dijelaskan oleh bapak Widi yaitu tentang 2G dan 3G architecture, Voicecall Routing Scenario, Data Service Routing Scenario, Mobile Broadcast Technology Evolution dan satu catatan penting yang dikatakan oleh bapak Firman yang pertama aspek terhadap Financial, Technology, dan Regulasi ditambah dengan market, hal-hal itu yang harus dipenuhi pada operator.


Wah, rasanya sudah benar-benar lengkap informasi yang didapat dari wisata seluler kali ini. Waktunya kembali ke Medan, berharap ada kesempatan langka lagi yang bisa didapatkan. Hehehe.
Previous
Next Post »

19 komentar

Write komentar
22/08/15 13.58 delete

Abang yg panjat tower itu kok ganteng yaa

Reply
avatar
22/08/15 13.59 delete

Abang yg panjat tower itu kok ganteng yaa

Reply
avatar
Funy
AUTHOR
22/08/15 15.30 delete

Dan kemudian kuingin bersandar di bahumu setelah makan siang :v

Reply
avatar
22/08/15 16.29 delete

air laut kok asin sendiri yaaa 😂😂

Reply
avatar
22/08/15 16.29 delete

hahhahaa mengantuaaaaaak

Reply
avatar
22/08/15 17.57 delete

gak tau mau komen apa,, hahahhah lihat yang manjat tower itu

Reply
avatar
22/08/15 18.01 delete

karna lomba panjat pinang terlalu mainstream makanya abang itu manjat tower hahaha

Reply
avatar
22/08/15 18.23 delete

hahah itu quote awak kemarin hahahah...

tinggal panjatkan doa agar semunya berakhir bahagia walaupun akhirnya kau tak bersama diriku.... hahahahpalah ini...

Reply
avatar
22/08/15 18.30 delete

seketika curhat colongan yee ? hahahaha

Reply
avatar
22/08/15 18.31 delete

seketika curhat colongan yee ? hahahaha

Reply
avatar
mollymolly
AUTHOR
22/08/15 20.44 delete

Kasian abang yang kenak hukum disuruh panjat tower itu ya... cita-cita mo jadi spiderman dia mungkin... hahahaha. *salahfokus

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
23/08/15 00.21 delete

itu yang foto 2 cowok di ruang genset bisa dijelasin mereka lagi ngapain :D

Reply
avatar
23/08/15 01.14 delete

abang itu mengejar cita dan cinta kk mol hahaha

Reply
avatar
23/08/15 01.15 delete

obsesi belajar DJ tapi gak kesampean jadi yaah begitu laa hahaha

Reply
avatar
Robby Subrata
AUTHOR
23/08/15 09.09 delete

Menarik ya kk. Asik bener tuh wisatanya. Nah, kalau wisata ke jantungya XL kan udah, kapan kk wisata ke jantungya abg itu? ajak2 nantin ya kak. Haha

Reply
avatar
23/08/15 09.36 delete

hahaha abng ikutan ke jantungnya abang itu ? atau adek itu ?, ke jantunnya abang tu saingan laa kita hahha

Reply
avatar
23/08/15 10.33 delete

iya hati awak udah di colong...

Reply
avatar
sesukamu.com
AUTHOR
19/09/15 15.34 delete

jadi inget dulu juga sempat wisata di bandara :D
liat2 isinya tower

Reply
avatar